031-5342608
JL. Wijaya Kusuma 48 Surabaya
blog-img
16/12/2021

Recehan Team Peraih Medali Perak dalam Grand Final National Innovation Project

REDAKTUR | Prestasi

Berawal dari kami seorang pelajar SMAN 9 Surabaya yang memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi dan minat pada bidang IPTEK, kami memutuskan untuk mencoba mengikuti ajang perlombaan yang diadakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam event ICHEVO 2021.

Lomba tersebut terdiri dari 3 babak dan diikuti oleh 750 lebih tim pendaftar dari seluruh Indonesia dalam jenjang SMA/SMK/Se-Derajat. Perlombaan ini bertemakan  "Optimizing The Application of Sustainable Development Goals by 2030 for Humanity". Akhirnya kami, Athallah Iqbal F.R. dan Nur Azizah memutuskan untuk membuat inovasi oksigen buatan dari proses elektrolisis berbahan dasar air sebagai renewable energy. Karya tersebut kami kenal dengan nama "OXYWATER SDGs 2030", dimana karya tersebut menghasilkan produk berupa oksigen, alat bantu pernapasan bagi manusia atau hewan, dan alat pemasok oksigen bagi lingkungan.
Adapun rangkaian yang kami tempuh hingga menjadi grand finalis adalah sebagai berikut:
1. Abstrak (Ide pokok dan lolos pada tahap selanjutnya)
2. Full Paper (Pembuatan LKTI dan lolos pada tahap selanjutnya)
3. Presentasi (Pengenalan Inovasi dengan dewan juri dosen dari ITS)
4. Awarding (Penyerahan medali)
Semua proses tersebut kami tempuh dengan full effort, berlembur di labolatorium, perpustakaan, sampai larut malam mengerjakan semua yang telah ditugaskan dengan bantuan pembimbing kami Bu Happy (Guru Kimia).
Banyak hal yang kami dapatkan, mulai dari pengalaman yang sangat luar biasa berharga, pengetahuan, wawasan, cara bersaing, dan Silver Medal ini untuk kami, guru pembimbing kami, dan SMAN 9 Surabaya. 
Harapannya "OXYWATER SDGs 2030" ini bisa kami kembangan lagi dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia sehingga bisa memaksimalkan tantangan di era sekarang dan tahun 2030 nanti. Salam sukses dari kami, Indonesia Emas 2045.

Bagikan Ke:

Populer