031-5342608
JL. Wijaya Kusuma 48 Surabaya
blog-img
24/10/2020

Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran Uji Coba

Ahmad Musholli | Kurikulum

Perkembangan teknologi dewasa ini kian pesat dengan terus dilakukannya digitalisasi informasi. Mengubah informasi dari bentuk konvensional ke bentuk digital tentu saja memiliki banyak manfaat dan kemudahan, dinataranya adalah kemudahan dalam mengakses informasi tersebut bagi para pengguna atau penerima informasi, selain itu manajemen sistem informasi pun semakin efektif dan efisien untuk dilakukan.

Apakah Manajemen Sistem Informasi?

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian Manajemen Sistem Informasi, diantaranya adalah

Menurut Stoner, 

Manajemen sistem informasi adalah sebuah metode formal untuk menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu bagi manajemen yang diperlukan untuk mempermudah proses pengambilan keputusan, dan memungkinkan fungsi-fungsi dari manajemen seperti perencanaan, pengendalian, dan operasional organisasi dapat dilaksanakan secara efektif. 

Menurut George M. Scott,

Manajemen sistem informasi adalah sekumpulan sistem informasi yang saling berinteraksi, yang memberikan informasi baik untuk kepentingan operasi atau kegiatan manajerial (George M. Scott, 1997: 69). 

Menurut Ais Zakiyudin,

Suatu manajemen sistem informasi menggambarkan ketersediaan suatu rangkaian data yang cukup lengkap yang disimpan agar dapat menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pembuatan keputusan dalam suatu organisasi (Ais Zakiyudin, 2011: 15). 

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa Manajemen Sistem Informasi  adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan dalam suatu organisasi.

Manajemen Sistem Informasi pun sangat bermanfaat apabila diterapkan di berbagai bidang, salah satunya adalah pembelajaran. Apalagi saat ini hampir seluruh kegiatan pembelajaran di Indonesia sedang dilaksanakan secara jarak jauh dan daring, perlu diterapkan manjemen sistem informasi agar lebih efektif dan efisien.

Unsur-Unsur Manajemen Sistem Informasi

Kebermanfaatan manajemen system informasi dalam pembelajaran tidak serta merta dapat dilakukan begitu saja, tentu ada berbagai unsur yang harus dipenuhi dan dioptimalkan sebagai pendukung kesuksesan penerapan manajemen system informasi dalam pembelajaran. Berikut ini adalah beberaoa unsur manajemen system informasi dalam pembelajaran.

Sumber kompasiana.com

Bagikan Ke:

S

Siswa Teladan
24 Oct 2020 21:30

Terima kasih artikelnya sangat membantu, semoga smanix semakin jaya.


A

Ahmad Musholli
25 Oct 2020 07:19

Artikel sangat membantu untuk menulis tugas akhir kuliah kami, kami tunggau artikel selanjutnya. Terima Kasih.


L

Luhur Budiman
25 Oct 2020 07:33

Terima Kasih atas support, ditunggu artikel menarik selanjutnya.

Populer